Senin, 31 Desember 2012

Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI.......................................................... ..i
KATA PENGANTAR................................................ii   

BAB I
PENDAHULUAN....................................................1
A. Latar Belakang......................................................2
B. Rumusan Masalah..................................................2
C. Tujuan Penulisan....................................................2
D. Manfaat…………………………............………2
 
BAB II
PEMBAHASAN
1. Penyebab……………………………………….3
2. Akibat…………..................................................3
3. Cara Menanggulani...............................................3
 

BAB III
A. KESIMPULAN....................................................3
B. SARAN.................................................................3

                                
PENDAHULUAN

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan.
Karya Ilmiah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN KELAS IX D, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Makalah ini memuat tentang “MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN KELAS IX D” yang sangat penting bagi pelajar.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia yaitu Bapak Suprapto yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara kami menyusun karya tulis ilmiah.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Terima kasih.





LATAR BELAKANG
Banyak siswa kelas IX D Smp N2 Piyungan yang tidak mau meluangkan waktu sejenak untuk membaca di perpustakaan Smp N2 Piyungan


Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
1. Bagaimana cara meningkatkan Minat Membaca Kelas IX D Di Perpustakaan Smp N2 Piyungan


Tujuan Penulisan

            Untuk menigkatkan minat membaca untuk para pelajar kelas IX D, agar menjadi pandai dan tidak membuang waktu istirahat dengan bermain.
Pembangunan Nasional Indonesia yang berkualitas melalui pendidikan merupakan upaya yang sungguh-sungguh dan terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya. Sumber daya yang berkualitas akan menentukan mutu kehidupan pribadi, masyarakat, dan bangsa dalam rangka mengantisipasi, mengatasi persoalan-persoalan, dan tantangan-tantangan yang terjadi dalam masyarakat pada kini dan masa depan.
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lain, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai.

Manfaat
  1. Siswa dapat mengetahui berbagai informasi dengan cara membaca buku.
  2. Siswa dapat menjadi pintar karena belajar yang diawali dengan membaca dengan tekun.


PENYEBAB
1.      Kurangnya kesadaran siswa kelas IX D
2.      Kurangnya bimbingan tentang manfaat membaca



Cara Menanggulangi
Dengan cara menggunakan system wajib membaca sewaktu istirahat walaupun hanya sesaat. Dan siswa wajib tidak bermain game di Perpustakaan karena fungsi perpustakaan bukan untuk bermain game, melainkan untuk membaca dan meminjam buku.


Akibat
1.      Siswa menjadi malas untuk berkunjung ke Perpustakaan
2.      Siswa menjadi bodoh 


 KESIMPULAN
 Dari hasil penelitian kelas IX D Smp N2 Piyungan bila waktu istirahat banyak yang nongkrong, bermain bola di kelas dan ngumpul tanpa tujuan.
Sebagian siswa kelas IX D pergi ke perpustakaan, tetapi ternyata di perpustakaan hanya sekitar 2 dari 30 siswa yang memiliki tujuan membaca, dan sisanya hanya untuk bermain di computer yang disediakan perpustakaan, dan disambungkan dengan internet hanya untuk jejaringan social seperti Facebook, Twitter, Yahoo MSN, dan berbagai game online lainnya, sebagian ada game yang isinya kekerasan, pencurian, dan anrkhise, padahal itu tidak baik untuk para pelajar. Siswa tidak mau menggunakan internet untuk mencari informasi pendidikan


SARAN
1.      Harap semua game yang ada di perpustakaan dihapus.
2.      Alamat jejaringan social diblokir.
3.      Penjaga perpustakaan harap ditambah khusus mengawasi para siswa yang memegang computer.
4.      Atau bila perlu tidak dikasih computer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar