DAFTAR ISI
DAFTAR ISI.......................................................... ..i
KATA PENGANTAR................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN....................................................1
A. Latar Belakang......................................................2
B. Rumusan Masalah..................................................2
C. Tujuan Penulisan....................................................2
A. Latar Belakang......................................................2
B. Rumusan Masalah..................................................2
C. Tujuan Penulisan....................................................2
D. Manfaat…………………………............………2
BAB II
BAB II
PEMBAHASAN
1. Penyebab……………………………………….3
2. Akibat…………..................................................3
3. Cara Menanggulani...............................................3
BAB III
A. KESIMPULAN....................................................3
B. SARAN.................................................................3
PENDAHULUAN
1. Penyebab……………………………………….3
2. Akibat…………..................................................3
3. Cara Menanggulani...............................................3
BAB III
A. KESIMPULAN....................................................3
B. SARAN.................................................................3
PENDAHULUAN
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan.
Karya Ilmiah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN KELAS IX D, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Makalah ini memuat tentang “MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN KELAS IX D” yang sangat penting bagi pelajar.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia yaitu Bapak Suprapto yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara kami menyusun karya tulis ilmiah.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Terima kasih.
LATAR BELAKANG
Banyak siswa kelas IX D Smp N2 Piyungan yang tidak mau meluangkan waktu sejenak untuk membaca di perpustakaan Smp N2 Piyungan
Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
1. Bagaimana cara meningkatkan Minat Membaca Kelas IX D Di Perpustakaan Smp N2 Piyungan
Tujuan Penulisan
Untuk
menigkatkan minat membaca untuk para pelajar kelas IX D, agar menjadi
pandai dan tidak membuang waktu istirahat dengan bermain.
Pembangunan
Nasional Indonesia yang berkualitas melalui pendidikan merupakan upaya
yang sungguh-sungguh dan terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan
manusia Indonesia seutuhnya. Sumber daya yang berkualitas akan
menentukan mutu kehidupan pribadi, masyarakat, dan bangsa dalam rangka
mengantisipasi, mengatasi persoalan-persoalan, dan tantangan-tantangan
yang terjadi dalam masyarakat pada kini dan masa depan.
Salah
satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya
mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha
telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain
melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan
kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan
prasarana pendidikan lain, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, namun
demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan
peningkatan yang memadai.
Manfaat
- Siswa dapat mengetahui berbagai informasi dengan cara membaca buku.
- Siswa dapat menjadi pintar karena belajar yang diawali dengan membaca dengan tekun.
PENYEBAB
1. Kurangnya kesadaran siswa kelas IX D
2. Kurangnya bimbingan tentang manfaat membaca
Cara Menanggulangi
Dengan
cara menggunakan system wajib membaca sewaktu istirahat walaupun hanya
sesaat. Dan siswa wajib tidak bermain game di Perpustakaan karena fungsi
perpustakaan bukan untuk bermain game, melainkan untuk membaca dan
meminjam buku.
Akibat
1. Siswa menjadi malas untuk berkunjung ke Perpustakaan
2. Siswa menjadi bodoh
KESIMPULAN
Dari
hasil penelitian kelas IX D Smp N2 Piyungan bila waktu istirahat banyak
yang nongkrong, bermain bola di kelas dan ngumpul tanpa tujuan.
Sebagian
siswa kelas IX D pergi ke perpustakaan, tetapi ternyata di perpustakaan
hanya sekitar 2 dari 30 siswa yang memiliki tujuan membaca, dan sisanya
hanya untuk bermain di computer yang disediakan perpustakaan, dan
disambungkan dengan internet hanya untuk jejaringan social seperti
Facebook, Twitter, Yahoo MSN, dan berbagai game online lainnya, sebagian
ada game yang isinya kekerasan, pencurian, dan anrkhise, padahal itu
tidak baik untuk para pelajar. Siswa tidak mau menggunakan internet
untuk mencari informasi pendidikan
SARAN
1. Harap semua game yang ada di perpustakaan dihapus.
2. Alamat jejaringan social diblokir.
3. Penjaga perpustakaan harap ditambah khusus mengawasi para siswa yang memegang computer.
4. Atau bila perlu tidak dikasih computer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar